Pandemi Covid-19 yang datang memaksa instansi pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran daring. ProgramStudi (prodi) S1 Sistem Informasi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya merupakan salah satunya. Akan tetapiberdasarkan hasil wawancara dengan Kaprodi S1 Sistem Informasi disebutkan bahwa sesuai dengan data pdpt unusaper 1 Maret sampai 18 Mei 2020, diketahui bahwa persentase capaian pembelajaran daringnya masih 87,5 %.Kondisi ini memperlihatkan bahwa kesiapan Prodi Sistem Informasi belum 100 %. Oleh karena itu, tujuan utamapenelitian ini adalah untuk melakukan studi kesiapan pembelajaran daring di prodi S1 Sistem Informasi. Hal inimengingat analisis kesiapan diperlukan sebagai titik awal dalam evaluasi pelaksanaan pendidikan di era digital.Penelitian dilakukan dalam 5 tahap, yaitu eksplorasi kondisi perkuliahan offline dan online, identifikasi perubahan,analisis kesiapan, dan identifikasi respon mahasiswa dan dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadiperubahan seperti pembuatan kebijakan baru, penggunaan teknologi seperti zoom untuk menggantikan tatap mukalangsung, penyediaan infrastruktur berupa perangkat keras, lunak, dan jaringan, serta penyediaan anggaran untukpembelian kuota internet dari sisi finansial. Status kesiapan prodi S1 sistem informasi dalam pelakasanaanpembelajaran daring adalah Not Ready, hanya membutuhkan persiapan beberapa aspek saja. Sebagai pelengkap,diketahui bahwa respon mahasisa dan dosen untuk kesiapan prodi. Sebanyak 60,9% setuju bahwa Prodi SistemInformasi mempunyai visi mengenai pembelajaran daring dan 54,7% memilih tidak setuju bahwa prodi sisteminformasi mempunyai rencana jangka panjang untuk pelaksnaan pembelajaran daring. Sebanyak 43,8% tidak setujubahwa Prodi Sistem Informasi telah menyediakan program untuk meningkatkan pengetahuan. Sebanyak 62,5%memilih netral terhadap penyediaan infrastruktur. Sebanyak 60,9% memilih setuju bahwa Prodi Sistem Informasisudah menyediakan teknologi yang terintegrasi. Sebanyak 59,4% memilih netral bahwa Prodi Sistem Informasi telahmenyediakan anggaran untuk pembelajaran daring.
Copyrights © 2020