Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan kognitif tinggi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan kegiatan kelas dengan subjek siswa putri SMP Muhammadiyah 7 Bayat kelas VIII. Catatan lapangan, dokumentasi, dan prosedur pengujian digunakan untuk mengumpulkan data dalam keadaan berikut. Reduksi data, visualisasi data, dan verifikasi data adalah contoh teknik analisis data. Pengamatan observasional dan analisis data menunjukkan potensi paradigma pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi. Hal ini terlihat dari ketepatan pencapaian tujuan pembelajaran khususnya berikut ini tercapai dengan menggunakan penanda langkah Polya: 1) Kemampuan siswa memahami masalah, 2) Kemampuan siswa merumuskan solusi, 3) Kemampuan mahasiswa untuk mempraktekkan solusi, dan 4) Kemampuan mahasiswa untuk mengevaluasi kembali keakuratan analis sistem.”
Copyrights © 2023