Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam menjawab tantangan global abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes untuk mengevaluasi kemampuan berpikir tingkat tinggi atau kritis siswa berbasis PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika. Penelitian ini ialah penelitian Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang memuat enam tahapan yaitu mengumpulkan informasi, kemudian perencanaan, pengembangan, validasi ahli serta uji coba serta revisi produk. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Randublatung Kabupaten Blora. Instrumen yang dipakai ialah lembar instrumen tes dan lembar validasi. Menurut hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) hasil validasi ahli untuk Instrumen tes ini yaitu 84,25% yang berkategori sangat baik. (2) keseluruhan butir pada Instrumen tes dikatakan valid dan reliabel. (3) Taraf kesukaran pada Instrumen tes bervariasi yaitu sulit dan mudah. (4) Daya pembeda pada Instrumen tes hampir keseluruhan berkategori sangat baik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa instrumen tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis matematis berbasis PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika pada materi teorema Pythagoras memenuhi kriteria layak dan valid.
Copyrights © 2023