Salah satu kearifan lokal di Kabupaten Klaten adalah pembuatan pisau. Proses pembuatan pisau tersebut dapat dikaitkan dengan materi pembelajaran IPA SD. Namun, selama ini kegiatan pembuatan pisau belum diterapkan dalam materi pembelajaran IPA SD. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan integrasi etnosains proses pembuatan pisau pada materi pembelajaran IPA SD. Metode penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif etnografi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Data yang diperoleh kemudian di analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap pembuatan pisau dapat diintegrasikan pada materi pembelajaran IPA SD kelas I sampai kelas VI tentang pancaindra, manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia, wujud benda, perubahan wujud benda, perubahan energi, wujud zat, perubahan wujud zat, gaya otot dan gaya gesek, transformasi energi, energi yang bergerak, konduktor dan isolator, suhu dan kalor, perpindahan kalor, materi dan zat penyusunnya, serta manfaat energi listrik. Adanya kajian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.
Copyrights © 2023