Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan berfokus kepada analisis tingkat kejujuran berbahasa siswa dalam interogasi guru BK terhadap pelanggar aturan sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kejujuran berbahasa siswa berdasarkan aspek narrative structure dalam interogasi guru BK terhadap siswa pelanggar aturan dengan menggunakan teori dari Jhon Olsson 2008. Sumber data dalam penelitian ini adalah proses interogasi guru BK terhadap siswa pelanggar aturan sekolah di SMP Negeri 1 Takalar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, simak libat cakap, teknik sadap, pengamatan, dan pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Kejujuran berbahasa siswa berdasarkan aspek narrative structure dalam interogasi guru BK di UPT. SMP Negeri 1 Takalar dengan memiliki tingkat kejujuran tinggi dengan perbandingan sebanyak 14 data pada tingkat kejujuran tinggi sedangkan tingkat kejujuran rendah sebanyak 6 data.
Copyrights © 2023