JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

Implementasi Model Project Based Learning Sebagai Sarana Penguasaan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik di SD Negeri Rawu

Maldyna Indah Sukmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nana Hendracipta (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Zerri Rahman Hakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Keterampilan abad 21 menjadi hal yang wajib dimiliki oleh peserta didik melalui inovasi pembelajaran dari setiap pendidik guna menyelesaikan permasalahan untuk bertahan hidup pada era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai implementasi model project based learning sebagai sarana penguasaan keterampilan abad 21 peserta didik khususnya pada perencanaan pembelajaran tematik, proses pelaksanaan model project based learning melalui kegiatan pembelajaran, serta keterampilan abad 21 pada peserta didik setelah diterapkannya model project based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas 5. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru berperan aktif dalam membuat perencanaan pembelajaran yang disesuaikan atas pertimbangan komponen dan kondisi peserta didik. Pelaksanaan model project based learning ini dilakukan melalui enam tahapan. Dari kegiatan persiapan dan pelaksanaan model project based learning dapat terlihat keterampilan abad 21 secara menyeluruh dengan baik dari aspek keterampilan berpikir kritis, keterampilan kreativitas, keterampilan bekerjasama dan keterampilan berkomunikasi diberbagai kegiatan, tetapi terdapat kendala yang dialami di kelas seperti kegiatan harus ditunjang dengan peralatan yang memadai dan keterbatasan waktu selama kegiatan pembelajaran .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...