JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar

Defi Wulandari (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Machful Indra Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar" dengan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila kelas IV SDN Tawangrejo 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar pendidikan pancasila kelas IV sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan design penelitian one group pretest -post test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tet pretes dan postest. Teknik analisis data menggunakan uji t sample paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran VCT berbantuan media Puzzle terhadap hasil belajar pendidikan pancasila kelas IV sekolah dasar terbukti. Hal ini ditunjukkan hasil uji t dengan nilai sign (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, maka katakan Ho ditolak sehingga Ha diterima dengan arti model VCT perbantuan media puzzle berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila kelas IV SD Tawangrejo 2 tahun pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...