Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Kelas I SD Negeri Muktiharjo Kidul 03 Semarang

Zaqiyatul Muna (Universitas PGRI Semarang)
Farida Nursyahidah (Universitas PGRI Semarang)
Ervina Eka Subekti (Universitas PGRI Semarang)
Maflakhah Maflakhah (SD Negeri Muktiharjo Kidul 03 Semarang)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Hasil belajar peserta didik kelas I pada pembelajaran Pendidikan Pancasila yang mencapai KKM hanya sebesar 11 peserta didik. Dikarenakan kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila belum menerapkan model pembelajaran dan masih menerapkan metode konvensional dengan ceramah dan penugasan saja dalam proses pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik kurang aktif, kurang konsentrasi dan tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga peserta didik kurang dalam menyerap materi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui model Problem Based Learning berbantuan media puzzle. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I sebanyak 27 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media puzzle mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 74,0%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 100% dengan nilai KKM sebesar 75 pada semua siklus.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...