Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Menggunakan Media POP IT Melalui Model PBL di Kelas 1 Sekolah Dasar

Putri Indah Sari (Universitas Muhammadiyah Malang)
Siti Inganah (Universitas Muhammadiyah Malang)
Evi Yuni Arvianti (SD Muhammadiyah 9 Malang)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika penjumlahan dengan model PBL menggunakan media POP IT. Jenis penelitian digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini didasarkan pada siklus yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus diselesaikan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 9 Malang sebanyak 27 siswa. Prosedur penelitian melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi.Pengumpulan data melaluiobservasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I yaitu17 siswa (68%) baik sekali,7 siswa (28%) baik, 1 siswa (4%) cukup dan 2 siswa (7%) perlu perbaikan. Hasil dari perbaikan siklus I belum mencapai indikator pencapaian yakni 70%. Pada siklus II yaitu 20 siswa (74%) baik sekali adan 7 siswa (26%) baik. Hasil evaluasi dinilai berhasil karena mencapai target yaitu persentase 74 persen. Dari sini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan model PBL dengan media POP-IT.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...