Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku komunikasi pengguna TikTok dikalangan mahasiswa PGSD Universitas Muhammdiyah Buton. Metode penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi yang didasari pengalama subjektif yang dialami pada diri individu. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori interaksi simbolik dan konsep diri. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan followers diatas seribu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku mahasiswa program studi pendidikan sekolah dasar pada Universitas Muhammadiyah Buton (UMButon) menggunakan aplikasi Tiktok untuk hal positif dan negatif, hal ini bisa dilihat dari video yang mereka tonton dan mereka upload. Rata-rata mahasiswa menggunakan aplikasi tersebut untuk menonton video yang mengedukasi, misalnya seperti sejarah, pengetahuan tentang agama, sains, dan ilmu yang sesuai dengan prodinya. Namun sisi negatifnya adalah mereka juga memposting video yang berjoget dengan menggunakan almamater kampus, hal ini bisa membawa dampak negatif bagi kampus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Muhammadiyah Buton menggunakan TikTok sebagai hiburan dan juga sarana untuk mendapatkan ilmu yang tepat, cepat, dan mantap.
Copyrights © 2023