ABSTRAKModel aktif learning menggunakan strategi roda keberuntungan merupakan sebuah pembelajaran aktif yang melibatkan seluruh siswa.Strategi roda keberuntungan merupakan teknik pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sebuah lingkaran yang terbagi menjadi beberapa sektor dan pada setiap sektornya berisi nomor yang disesuaikan dengan nomor yang ada pada kartu pegangan siswa. Roda tersebut akan diputar untuk menentukan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh model active learning menggunakan strategi roda keberuntungan terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS  setelah proses pembelajaran berlangsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Bireuen yang terdiri dari kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa di SMA Negeri 2 Bireuen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi.Berdasarkan hasil uji-t, terlihat bahwa pada kolom Sig. (2-tailed) untuk equal variances assumed adalah 0,002, di bawah 0,05 (0,002 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil, terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai post-test siswa kelas kontrol dan nilai post-test siswa kelas eksperimen.Nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata post-test kelas kontrol. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu 86,94 sementara nilai rata-rata siswa kelas kontrol yaitu 73,93. Sehingga model aktif learning dapat mempengaruhi prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 2 Bireuen. Kata Kunci: Model Active Learning, Prestasi Belajar, Strategi Pembelajaran ABSTRACTThe active learning model using the luck wheel strategy is an active learning involving all students. The luck wheel strategy is a learning technique with the use of a circle perimeter that is divided into several sectors and each sector contains a number corresponding to the number on the student's hand card. The wheels will be rotated to determine which questions the student should answer. This study aims to determine: The influence of active learning model using the wheel strategy of luck to the achievement of student learning history of class XI IPS after the learning process takes place. The approach used in this research is quantitative, experimental research type. The population in this study is all students of class XI IPS in SMA Negeri 2 Bireuen consisting of class XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, and XI IPS 4. Samples in this study were students of class XI IPS 4 as experimental class and Students class XI IPS 3 as a control class, each of which amounted to 30 students in SMA Negeri 2 Bireuen. Data collection is done by using tests and documentation. The results showed that the active learning model by using the wheel strategy of luck can affect the achievement of learning history of class XI IPS 4 students in SMA Negeri 2 Bireuen. Based on the result of t-test, it can be seen that in column Sig. (2-tailed) for equal variances assumed is 0.002, below 0.05 (0.002 0.05), then Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that there is a significant mean difference between the post-test grade of the control class students and the post-test grade of the experimental class students. The average post-test grade of the experimental class is higher than the average post-test grade of the control class. The mean score of the experimental class students is 86.94 which is above the KKM score (75), while the mean score of the control class students is 73.93 is below the KKM score (75). So that the active model of learning can affect the achievement of learning history of class XI IPS 4 in SMA Negeri 2 Bireuen.Keywords: Active Learning Model, Learning Achievemen, Learning Strategy
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017