Rendahnya prestasi belajar, yang disebabakan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif, sehingga dapat membuat siswa merasa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh yang muncul setelah dilaksanakan belajar dengan menggunakan model pembelajaran circuit learning khususnya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Banda Aceh sebanyak 125 siswa yang terdiri dari 4 kelas.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 dan IPS2 yang berjumlah 46 siswa.penentuan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling yaitu mengambil sampel secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara homogenitas kedua kelas yang dijadikan sampel bersifat homogen. Hasil ini diketahui dari hasil uji hipotesis dengan hasil perhitungan FhitungFtabel yakni 1,012,15, untuk uji normalitas kelas eksperimen diperoleh X2hitung = 7,06 dan X2tabel= 16,9 dan uji normalitas kelas kontrol diperoleh X2hitung = 4,34 dan X2tabel = 16,9, maka dapat dikatakan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal .Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 1,81, sedangkan ttabel = 1,67 pada taraf signifikan (α = 0,05) sedangkan dk = 44 adalah 1,67 dengan kriteria Ha diterima. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka hipotesis diterima. There is a problem in students, namely the low learning achievement, which is caused by the lack of use of innovative learning models, so that it can make students feel bored and less enthusiastic in learning..The purpose of this study is to analyze the effects that emerge after learning is carried out using the circuit learning learning model specifically on student learning achievement. This research uses a quantitative approach and type of experimental research. The population in this study all students of class XI IPS SMA Negeri 7 Banda Aceh were 125 students consisting of 4 classes. The sample in this study were students of class XI IPS1 and IPS2, amounting to 46 students. Sample determination is done by Random Sampling technique that is taking a random sample. Data collection techniques in this study used tests and documentation. Based on the results of the study note that homogeneity of the two classes used as samples are homogeneous. These results are known from the results of hypothesis testing with the calculation results FcountFtable ie 1.01 2.15, for the normality test of the experimental class X2count = 7.06 and X2table = 16.9 and the normality test for the control class obtained X2count = 4.34 and X2table = 16.9, it can be said that the experimental class and the control class are normally distributed. The results of the hypothesis test using t-test and tcount = 1.81, while ttable = 1.67 at the significant level (α = 0.05) while dk = 44 is 1.67 with the criteria Ha accepted. Thus according to testing criteria, the hypothesis is accepted.
Copyrights © 2020