Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  implementasi program Sub Humas RSUP Persahabatan Jakarta  dalam penangganan keluhan pelanggan yang disampaikan secara langsung melalui ruang pelayanan public, Gazebo Sahabat Sub Humas RSUP Persahabatan Jakarta untuk  membangun reputasi Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dan mengetahui strategi komunikasi  Sub Humas  RSUP Persahabatan menanggani keluhan serta  membangun mindsed pelanggan   dari keluhan menjadi apresiasi untuk meningkatkan reputasi Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan. Strategi komunikasi  humas dalampenangganan keluhan dan out come nya  mengelola  keluhan yang disampaikan pelanggan rumah sakit  menjadi sebuah apresiasi untuk Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta, Dan ini sangat menarik untuk dilakukan penelitian.Strategi kmunikasi yang tepat dan jitu dalam melaksanakan komunikasi dengan pelanggan yang telah menyampaikan keluhannya yang menghasilkan  sebuah apresiasi. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif . Informan penelitian adalah Direktur RSUP Persahabatan, Ketua Komite Etik dan Hukum RSUP Persahabatan Jakarta, Staf Penanganan keluhan( pranata humas) dan pelanggan yang menyampaikan keluhan. Tekhnik pengumpulan data Wawancara Mendalam (Deep Interview) ,Observasi/Partisipasi , Diskusi Group , Studi Kepustakaan ,Studi Dokumentasi .Tekhnik analisa data yang dipergunakan adalah Reduksi data(( data reduction ), Penyajian Data ( data display ),Penarikan Kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukan  bahwa Strategi Komunikasi Sub Humas dalam  Merubah mindsed  pelangan yang menyampaikan keluhan menjadi sebuah apresiasi untuk membangun reputasi Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dilakukan strategi komunikasi persuasive.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023