ABSTRAKKeberadaan lembaga bimbingan belajar atau les sangat memberikan peran bagi peningkatan prestasi siswa SMA N 3 Banda Aceh. Keberadaan lembaga ini bertujuan meningkatkan tingkat kemampuan siswa terutama dalam aspek kognitif atau pengetahuan. Penelitian ini berjudul Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar dengan Siswa yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA N 3 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Untuk menganalisis perbandingan prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XII IPS SMA N 3 Banda Aceh antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya ialah penelitian komparatif. Populasi dalam penenlitian ini ialah seluruh siswa kelas XII/IPS yang berjumlah 68 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah 46 orang siswa, diambil secara acak atau random. Metode yang digunakan kuantitatif yang menekan analisisnya pada angka. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan dokumentasi dan pengolahan data menggunakan SPSS statistik uji t disusun dalam tabel yang disajikan dalam laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai correlation 0,288 dan nilai Sig 0,183, sehingga dapat di ketahui nilai P-value = 0,000 maka dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar (BIMBEL), pada mata pelajaran sejarah siswa kelas tiga SMA N 3 Kota Banda Aceh. Kata Kunci : Perbandingan, Prestasi Belajar, Bimbingan Belajar (BIMBEL)
Copyrights © 2017