Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggaruh media kotak ajaib dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Methods atau pendekatan kombinasi (kuantitatif dan kualitatif) dengan jenis penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 5,48, nilai ttabel = 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05 (uji dua pihak) dengan dk = 40 dan kriteria Ha di terima. Pada kelas eksperimen yang mengunakan media kotak ajaib nilai rata-rata siswa adalah 83,5, sementara pada kelas kontrol yang masih menggunakan model pembelajaran konvesional nilai rata-rata siswa adalah 70,4. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode konvesional tingkat motivasi pada siswa mendapat nilai rata-rata 29,67% sedangkan setelah menggunakan media kotak ajaib berhasil meningkatkan motivasi belajar sejarah dengan nilai rata-rata 94,34%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan media kotak ajaib dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2020