JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Kritik atas Sikap Tanpa Pamrih (Disintrested Attitude) Melalui Sudut Pandang Voyeuristik

Richardo Torang Manahan* (Program Magister Ilmu Filsafat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia)
Harsawibawa Albertus (Program Magister Ilmu Filsafat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Sebuah karya seni mengandung unsur estetika yang bertingkat sesuai dengan kepuasan indrawi manusia. Keindahan sering ditujukan terhadap objek tubuh manusia yang ditampilkan secara tabu dengan bentuk ketelanjangan yang mengandung unsur seksualitas dan keintiman. Karya tersebut mengandung unsur voyeuristik yang sering menimbulkan persepsi atau pandangan negatif bahkan penyimpangan perilaku bila dinikmati berlebihan. disinterestedness attitude, dengan demikian, seperti menjawab permasalahan tersebut. peneliti berusaha menjelaskan lebih dulu deskripsi dari voyeuristik dalam suatu karya contoh karya Newton yang identik bersifat voyeuristik. Setelah itu mengemukakan pandangan kritis terhadap penggunaan disinterestedness attitude untuk menafsir karya voyeuristik. Metode yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Hasil analisis ini adalah pandangan disinterestedness menyiratkan bahwa penggunaan tanpa pamrih dan dengan pamrih bisa menangkap nilai keindahan suatu karya namun dalam keberadaaan seni voyeuristik ternyata besar efeknya jika kedua hal ini dipisahkan. Disinterestedness seperti mendorong para penafsir nuntuk membuat pribadi impersonal untuk menangkap nilai “estetika” dari sebuah karya dengan menangkap sisi lain dari ketelanjangan. Namun nilai sebuah karya memang tidak bisa lepas dari kebenaran yang digambarkannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...