JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 4, No 2 (2019): Juni, Budaya dan Sastra

PENGARUH STRATEGI BELAJAR BATU LONCATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 MEUREUDU

Amelia Shaleha (Unknown)
Anwar Yoesoef (Unknown)
Zulfan . (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2019

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Strategi Belajar Batu Loncatan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Meureudu” ini bertujuan untuk: (1) menganalisis Pengaruh Strategi Belajar Batu Loncatan Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Meureudu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Meureudu sebanyak 6 kelas yang berjumlah 154 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) secara homogenitas kedua kelas yang dijadikan sampel bersifat homogen. Hasil ini dapat diketahui dari hasil uji hipotesis dengan hasil perhitungan Fhitung ≤ Ftabel yakni Fhitung = 2,86 dan Ftabel = 2,94 (2) untuk uji normalitas kelas eksperimen diperoleh X2hitung = 6,26 dan X2tabel  = 7,81 dan uji normalitas kelas kontrol di peroleh X2hitung  = 6,62 dan X2tabel  =7,81, maka dapat dikatakan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal (3) hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 3,79 dan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 ( uji satu pihak ) dengan dk = 38 adalah 1,68 dengan kriteria Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belajar dengan menggunakanstrategi belajar batu loncatan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini diketahui dari nilai rata-rata siswa setelah dilakukan penelitian. Pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi belajar batu loncatanini nilai rata-rata siswa adalah 80,77. sementara pada kelas kontrol yang masih menggunakan metode konvensional atau ceramah nilai rata-rata siswa adalah 67,5.Kata Kunci: Strategi belajar batu loncatan dan prestasi belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...