Tujuan penelitian ini: (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran treffinger dengan media power point terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Baitussalam, (2) mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Baitussalam. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) untuk uji normalitas kelas ekperimen diperoleh X2hitung = 2,95 dan X2tabel = 5,99 dan uji normalitas kelas kontrol dieroleh X2hitung = 5,25 dan X2tabel = 5,99 dengan kriteria pengujian X2hitung X2tabel maka dapat disimpulkan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. (2) Uji Homogenitas kedua kelas yang menjadi sampel penelitian bersifat homogen. Hal ini didasarkan pada nilai Fhitung = 1,24 dan nilai Ftabel = 2,21 dengan acuan Fhitung Ftabel = 1,24 2,21. (3) Hasil uji t diperoleh nilai thitung =6,94 dan nilai ttabel = 2,02 pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 38. Kriteria pegujian adalah terima Ha jikathitung ttabel =6,94 2,02 maka dapat disimpulkan model pembelajaran treffinger dengan media power point berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. (4) faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran treffinger dengan media power point adalah minat, ketertarikan siswa dan keterampilan guru dalam menerapkan model dan media pembelajaran yang inovatif sehingga siswa memahami materi yang diajarkan dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2020