Evaluasi merupakan alat yang harus di tempuh dalam kegiatan belajar mengajar untuk mengetahui hasil dilakukan, begitupun dalam pembelajaran bahasa arab terutama pada tingkat pemula, harus menggunakan evaluasi yang tepat agar dalam mengadakan evaluasi ataupun ujian sesuai dengan keterampilan siswanya. Dalam makalah ini, peneliti menggunakan metode pustaka dalam mengumpulkan data yaitu tentang ujian atau evaluasi untuk mengetahui hasil pembelajaran bahasa arab bagi pemula dalam bidang kalam/muhadatsah. Dari hasil yang di dapat oleh peneliti bahwa dalam kegiatan evaluasi bahasa arab yang harus di gunakan dalam tingkat pemula harus melihat spesifikasi dalam evaluasi yaitu: bahwa siswa bisa berinteraksi, paham terhadap ungkapan yang diutarakan, dan juga bisa mengikuti percakapan dalam ranah tertentu. Dalam hal indikator untuk evaluasi bahasa arab untuk kalam diantaranya: artikulasi, kelancaran, grammar, kosa-kata. inilah semua elemen yang harus dilaksanakan dalam mengadakan ujian atau evalusai untuk maharah kalam.
Copyrights © 2023