JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 4, No 4 (2019): November, Sejarah Islam dan Peradaban serta Pemikiran Filsafat

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X1 IPS SMA NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Julhadi , (Unknown)
Anwar Yoesoef (Unknown)
Zulfan . (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendanya hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah khususnya materi Perang Dunia I. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antara faktor penyebabnya adalah penggunaan model yang digunakan masih bersifat konvensional, siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran dan penilaian yang digunakan masih bersifat penilaian hasil bukan penilaian proses. Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran Carousel Feedback terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Carousel Feedback terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan dan sampelnya terdiri dari 56 siswa kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan memberikan test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa diperoleh nilai pada taraf signifikansi 0,975 dengan derajat kebebasan dk = 54, maka hipotesis alternatif diterima. Di kelas eksperimen terdapat 6% siswa tidak tuntas belajar dan 94% siswa yang tuntas belajar, sedangkan di kelas kontrol 58% siswa tidak tuntas belajar dan 42% siswa yang tuntas belajar. Sesuai dengan pengolahan data, diperoleh hasil uji-t yaitu thitungĀ  = 4,55 sedangkan ttabel = 2,00, berarti thitung ttabel atau 4,55 2,00. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka H1 diterima.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...