Dalam dunia ekonomi, komunikasi merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas sebuah pelayanan perusahaan terhadap pelanggan. Komunikasi yang baik dapat memotivasi setiap pekerja untuk terus berkinerja dalam melayani kebpelanggan yang hadir dan memberikan kenyamanan para pelanggan untuk berinteraksi serta bertransaksi di sebuah perusahaan tanpa pernah berfikir untuk beralih ke perusahaan lainnya. Diera digital ini sangat membawa pengaruh yang baik bagi perusahaan karena manajemen dan staf semakin dapat berkomunikasi dengan mudah. Penyampaian informasi tentang perkembangan perusahaan kepada pelangganpun sangat mudah untuk dilakukan, terlebih lagi informasi terkait keuangan. Penelitian ini akan mencoba menggambarkan fenomena manajemen komunikasi sebagai transformasi pelayanan manajemen keuangan diera globalisasi. Objek penelitian berada di LPD Desa Adat Tanjung Bungkak Denpasar dengan 20 orang informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Tanjung Bungkak selalu berusaha berinovasi untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan dengan mengikuti perkembangan jaman namun tetap mengedepankan tradisi setempat. Lembaga Perkreditan Desa selalu berusaha melihat setiap peluang yang ada untuk memberikan informasi yang tepat terkait dengan produk dan jasa yang ditawarkan baik produk dan jasa yang ada sejak awal berdiri maupun program yang sedang dikembangkan ataupun yang akan dilaksanakan dalam periode tertentu.
Copyrights © 2023