Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Problem Based Learning Dengan Discovery Learning Pada Materi Dinamika Penduduk Kelas XI IPS Sman1 2x11 Kayu Tanam

Nurul Anggriani (Universitas Negeri Padang)
Rery Novio (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning pada materi dinamika dikelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMAN 1 2X11 Kayu Tanam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS semester genap SMAN 1 2X11 Kayu Tanam yang berjumlah adalah 43 orang. Instrumen penelitian ini adalah analisis uji coba instrumen, analisis reliabilitas, analisis tingkat kesukaran dan analisis daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Prosedur penelitian terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan penelitian.Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis, maka kesimpulan bahwa “terdapat perbandingan yang signifikan dari model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning di kelas XI IPS 1 dan XI IPS2 pada materi dinamika penduduk. Besar pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 2X11 Kayutanam pada model problem based learning Thitung 6,58, Ttabel sebesar 1,71714 dengan taraf signifikan α 0.05 dan n = 22 – 1 = 21 orang, sedangkan model discovery learning Thitung 6,31, Ttabel sebesar 1,72074 dengan taraf signifikan α 0.05 dan n = 21 – 1 = 20 orang. Maka Thitung Problem based learning < Thitung discovery learning 6,58 <6,31. Jadi dapat disimpulkan t perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning di kelas XI IPS1 dengan model pembelajaran discovery learning di kelas XI IPS2.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...