Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar PKn di Kelas IV SDN Kutajaya I

Aprilia Setyorini (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Saktian Dwi Hartantri (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Yoyoh Fathurrohmah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PKn di kelas IV SDN Kutajaya I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasi survey. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV dengan sampel 34 siswa dengan teknik pengambilan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket disiplin dan dokumentasi hasil belajar PKn. Dari hasil penelitian diperoleh r hitung 0,749 lebih besar dari r tabel 0,339 sehingga 0,749 > 0,339. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Kutajaya I dengan nilai koefisien korelasi 0,749 termasuk kategori kuat. Kemudian faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal misalnya faktor kesehatan dan faktor psikologi. Lalu faktor eksternal meliputi faktor keluarga, faktor sekolah, serta faktor masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...