Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Poca Untuk Meningkatkan Literasi Pada Siswa Kelas III di SDN Pabean No. 04 Dringu Probolinggo

Dewi Anggun Oktaviani (Universitas Panca Marga)
Ratika Pradisya Damayanti (Universitas Panca Marga)
Anifatur Rizqiyah (Universitas Panca Marga)
Siti Nur Hidayati (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Minat baca masih sangat rendah. Keadaan ini merupakan tantangan bagi para kepala sekolah dan guru untuk mencari jalan pemecahannya. Rendahnya keterampilan tersebut membuktikan bahwa proses pendidikan Indonesia masih belum mengembangkan beberapa kompetensi serta minat siswa terhadap pengetahuannya. Praktik pendidikan yang dilaksanakan di sekolah tersebut yang selama ini belum memperlihatkan bahwa sekolah berfungsi sebagai organisasi pembelajar yang menjadikan semua warganya sebagai pembelajar sepanjang hayatnya, untuk itu dapat dilakukan oleh pemerintah melalui peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan. Tujuan dengan adanya pojok baca ini dapat merangsang munculnya minat baca pada siswa tersebut. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung. Hasil obervasi dan wawancara diketahui bahwa penerapan pojok baca di SDN Pabean No. 04 dilakukan dengan 3 tahapan utama yaitu tahap sosialisasi, tahap implementasi, dan tahap pembiasaan dengan tahapan tersebut sangat relevan untuk mendukung penerapan program pojok baca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...