Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Investigating Translanguaging Practice In Efl Classroom

Nida Nurfauziah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Sidik Indra Nugraha (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dedeh Kartini (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2023

Abstract

Studi ini mengeksplorasi strategi kelas tentang bagaimana praktik translanguaging diimplementasikan di kelas ELT dengan menganalisis penggunaan penerjemahan oleh guru saat pembelajaran berlangsung. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Studi ini mengamati praktik penerjemahan bahasa asing dari seorang guru bahasa Inggris dalam proses pembelajaran. Data dianalisis secara kualitatif sesuai dengan teori Braun dan Clarke (2006). Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa praktik penerjemahan terjadi ketika guru memberikan contoh, menerjemahkan bahasa, menyampaikan lelucon, memberikan pertanyaan kepada siswa, memberikan instruksi, dan memotivasi siswa. Selain itu, translanguaging di kelas ELT bermanfaat karena mempengaruhi keterlibatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan memotivasi siswa untuk memperhatikan dengan seksama ketika guru menyampaikan materi pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...