Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahan masalah matematika geometri berbasis multiple solution, dan menjadikan siswa lebih kreatif dalam pemecahan masalah dengan menyelesaikan soal atau masalah lebih dari satu cara atau strategi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Alasa Talumuzoi. Pemilihan subyek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Dan juga melakukan wawancara. Hasil penelitian berdasarkan pemecahan masalah matematika geometri berbasis multiple solution. penyelesaian dengan kode C2 digunakan oleh semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Alasa Talumuzoi. Cara penyelesaian yang paling sedikit digunakan siswa adalah cara penyelesaian dengan kode C5 (Mengerjakan dengan melihat sudut) yakni 3 siswa (12%) dari 25 siswa yang mengikuti tes pemecahan masalah. Sementara itu, tidak ada yang menggunakan cara penyelesaian dengan kode C4 dan C7.
Copyrights © 2023