Pasar dalam ekonomi dikatakan sebagai tempat bertemunya produsen dan konsumen dalam melakukan transaksi jual beli atas dasar kesepakatan yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan di dalam pasar. Pasar di kelompokkan menjadi dua jenis yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan tidak sempurna memiliki kemampuan yang cukup besar dalam mempengaruhi harga pasar dan outputnya sehingga di bagi dalam beberapa bentuk yaitu pasar monopoli, pasar oligopoli dan pasar monopolistik. Sedangkan pasar persaingan sempurna tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga di karenakan  suatu produk dalam pasar persaingan sempurna mengikuti atas dasar harga yang berlaku, contohnya cenderung kepada pasar tradisional atau pasar yang menjual bahan pangan dan kebutuhan pokok sehari-hari. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini memberikan efek positif dari keberadaan peran akademisi untuk membangun kedekatan secara langsung terhadap pelaku kegiatan ekonomi di pasar,serta menambah pemahaman baik dari sisi sebagai mahasiswa/i ataupun dari sisi produsen dan konsumen tentang pengetahuan lebih luas secara praktek langsung mengenai pasar tersebut
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023