Nanggroe: Journal of Scholarly Service
Vol 2, No 3 (2023): Juni

Analisis Meningkatkan Kinerja Pelayanan Pengajuan Surat Pengantar (KK) di Desa Tambaksumur, Kecamatan Tirtajaya

Gilang Lesmana (Prodi Manajemen, Fakultas, Universitas Buana Perjuangan, Jl. Ronggowaluyo Kec. Karawang Timur, Kab.Karawang , 41371, Indonesia)
Sungkono S (Prodi Manajemen, Fakultas, Universitas Buana Perjuangan, Jl. Ronggowaluyo Kec. Karawang Timur, Kab.Karawang , 41371, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelayanan yang diberikan oleh Desa Tambaksumur dalam hal administrasi kependudukan adalah berupa rekomendasi dari desa untuk dapat diteruskan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melalui Kantor kecamatan Tirtajaya. Namun pelayanan yang tidak resmi lainnya adalah adanya masyarakat yang meminta pengurusan sampai selesai atas KK yang berimplikasi kepada biaya tambahan seperti biaya transportasi serta biaya tak terduka lainnya. Kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah Desa Tambaksumur Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang khususnya dalam pemberian dokumen surat pengantar pembuatan atau pencetakan Kartu Keluarga (KK) masih belum maksimal dalam hal ketepatan waktu, prosedur pembiayaan dan tingkat kesalahan pencetakan dokumen. Dengan demikian artinya bahwa kualitas pelayanan public di kantor desa Tambaksumur masih belum begitu memuaskan, artinya masih sangat perlu upaya – upaya peningkatan kualitas pelayanan tersebut. Sehingga tingkat kepuasan pelanggan atau masyarakat yang dilayani di kantor Desa Tambaksumur Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang dapat dicapai.

Copyrights © 2023