Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi keterampilan berbicara berbasis podcast sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VIII SMPN 2 Padang Bolak. Penelitian ini menggunakan Model Pengembangan. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan podcast sebagai media pengajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pendekatan penelitian yang mengkaji upaya untuk menghasilkan strategi pengajaran membaca. Oleh karena itu, dalam merancang model, peneliti menggunakan pendekatan Research and Development dengan mengadaptasi Model Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Padang Bolak kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022. Subyek ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dan hasil kuantitatif diperoleh dari ahli validasi angket, review ahli materi dan ahli media pengajaran. Data dari uji coba lapangan diperoleh dari komentar atau tanggapan, hasil angket dan hasil tes. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara administrasi dan penyebaran angket kepada 20 responden untuk mengetahui kebutuhan siswa. Maksud dari angket yang berkaitan dengan kesesuaian materi adalah . nilai rata-rata termasuk dalam kategori “Sangat Baik” karena berada pada interval 3,25 < x < 4. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan bacaan tersebut sesuai untuk siswa kelas VIII SMP. Peneliti menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa berdasarkan podcast sebagai media pengajaran dan tes dilakukan dua kali; pre-test dan post-test. Kemudian, t-test digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari data di atas adalah nilai t-test lebih tinggi dari t tabel (8,7 > 1,734) pada taraf signifikansi 0,05 for one tailed dan derajat kebebasan (df) = 20-2 = 18. Artinya materi pembelajaran berbicara berdasarkan Podcast berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023