Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan yang harus dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Keterampilan tersebut juga dipelajari pada tingkat Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan. Peneliti yang mengajar di SMK Negeri 1 Dharma Caraka Gunungsitoli Selatan) di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menemukan siswa kelas X-1 tahun ajaran 2022/2023 kesulitan dalam mengorganisasikan isi dan pengorganisasian teks. Untuk memecahkan masalah tersebut, peneliti menggunakan metode mind map untuk menyelesaikan permasalahan siswa. Metode ini berlaku pada siswa kelas X-1 Tata Busana sebagai sampel penelitian. Kelas tersebut mempunyai 34 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan diskusi dan wawancara. Semua siswa di kelas tersebut menjawab pertanyaan yang diberikan oleh peneliti. Kesimpulan penelitian adalah metode mind map sangat membantu siswa dalam menulis dengan mudah, dan teknik mind map juga merupakan cara yang tepat agar siswa tidak merasa malas dan bosan dalam belajar bahasa Inggris.
Copyrights © 2023