Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Bina Ilmu Cendekia

Internalisasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Dimensi Tiga di MAN Insan Cendekia Jambi dalam Kurikulum 2013

Ahmad Puguh Eriawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Internalisasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran dimensi tiga adalah suatu cara yang signifikan dalam membentuk karakter siswa diantaranya disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan jujur. Kurikulum 2013 yang menekankan karakter dalam setiap pembelajaran merupakan pedoman yang harus dilakukan oleh setiap guru dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu internalisasi nilai-nilai karakter disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, jujur, toleransi, dan peduli lingkungan pada pembelajaran dimensi tiga yang dilakukan di MAN Insan Cendekia Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai karakter melalui observasi, penilaian diri, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan internalisasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran dimensi tiga dengan cara menerima dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru dengan pemahaman dan pembiasaan selama proses pembelajaran dimensi tiga, sehingga mendorong terbentuknya karakter disiplin, jujur, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, toleransi, dan peduli lingkungan. Penelitian tentang nilai-nilai karakter pada pembelajaran membutuhkan waktu dan fokus kepada subjek penelitian, karena dalam penilaian sikap perlu konsentrasi yang tinggi dalam mengamati perilaku siswa. Disamping itu dibutuhkan pengamat yang memahami karakter yang dimunculkan dalam pembelajaran sesuai dengan indikator-indikator yang telah dirumuskan sebagai acuan dalam proses observasi atau pengamatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning ...