ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2023)

Pendampingan Membaca dan Menulis Al-Quran Menggunakan Media Kartu Huruf Hijaiyah pada TK/TPA Masjid Nurul Insyafi Talakalabbua

Syam, Nur (Unknown)
Syamsunardi, Syamsunardi (Unknown)
Syarif, Erman (Unknown)
Jumriati, Jumriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2023

Abstract

Mitra dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah santriwan dan santriwati di TK/TPA Masjid Nurul Insyafi Talakalabbua Kabupaten Takalar. Tidak dipungkiri bahwa masih ada di tengah-tengah masyarakat yang tidak bisa membaca Al-Quran diberbagai usia termasuk ketegori didalamnya dewasa, orang tua dan anak-anak. Permasalahan ini timbul karena minimnya minat membaca Al Quran sejak dini dan minimnya inovasi pengajar dalam mebelajarkan santri baca tulis Al Quran. Pengabdian ini diharapakan dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Quran santri TK/TPA Masjid Nurul Insyafi Talakalabbua. Pelaksanaan kegiatan diharapkan mampu: 1) Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Quran santri TK/TPA Masjid Nurul Insyafi Talakalabbua, 2) Tersedianya media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Quran santri TK/TPA Masjid Nurul Insyafi Talakalabbua.. Lokasi penelitian di TK/TPA Masjid Nurul Insyafi Talakalabbua. Subjek penelitian yaitu santri TK/TPA Masjid Nurul Insyafi Talakalabbua, dengan jumlah santri 21 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini metode ceramah, diskusi, tanya jawab, kerja kelompok dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah 1) Peningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Quran santri TK/TPA Masjid Nurul Insyafi Talakalabbua, 2) Media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Quran santri TK/TPA Masjid Nurul Insyafi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdiku

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

Articles published by the focus and scope of community service activities are: 1. education, 2. social, 3. numan resource development, 4. healthty sciences, 5. appropriate technology, 6. juman development and national competitiveness, 7. small and medium enterprises and environmentally sound ...