Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah permasalahan tentang ketidakberhasilan siswa kelas IV di SDN-1 Napu Sahur Kabupaten Katingan dalam memahami isi teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa di kelas IV SDN-1 Napu Sahur pada materi menentukan ide pokok teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif (deskriptif kualitatif) yang menggunakan teknik analisis data interaktif (analysis interactive model) dari Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam menentukan ide pokok mencakupi: (1) siswa tidak paham konsep ide pokok, dan (2) siswa tidak mampu menerapkan keterampilan membaca pemahaman dengan baik. Dari hasil analisis data ditemukan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakupi ketidakmampuan siswa menguasai materi ide pokok karena motivasi belajar siswa yang rendah, minat membaca siswa kurang dan kemampuan membaca yang masih rendah. Adapun faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa tersebut mencakupi sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai, kurangnya persiapan guru sebelum mengajar, penggunaan strategi pengajaran yang kurang tepat, serta kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua.
Copyrights © 2023