Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika pada materi Operasi Hitung Perkalian dengan menggunakan teknik jarimatika pada siswa kelas IVc di SDN-4 Menteng Palangkaraya Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IVc SDN-4 Menteng Palangkaraya peneliti menggunakan teknik Jarimatika. Metode penelitian tindakan kelas ini dialksanakan dengan tahapan (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IVc yang berjumlah 32 orang, yang terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisi dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 56% dengan nilai rata-rata kelas 63,7 sebelum dilakukannya tindakan, meningkat menjadi 69% dengan nilai rata-rata kelas 72,8 pada siklus I dimana terjadi peningkatan sekitar 13% setelah dilakukannya tindakan, kemudian meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata kelas 82,5 pada siklus II Terjadi peningkatan sekitar 19% dari siklus I. Hasil belajar siswa kelas IVc SDN-4 Menteng Palangkaraya mengalami peningkatan dengan menerapkan teknik Jarimatika pada mata pelajaran Matematika materi “Operasi Hitung Perkalian”.
Copyrights © 2023