Action Research Literate (ARL)
Vol. 7 No. 9 (2023): Action Research Literate

Perspektif Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Akhlak Mulia Peserta Didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Andrian, Andrian (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang perspektif peran guru dalam mengembangkan nilai-nilai akhlak mulia peserta didik melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Secara teoretik peran guru sangatlah penting dalam mendidik peserta didiknya dalam mengembangkan nilai-nilai akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam menerapkan pembinaan akhlak mulia di sekolah. Metode Penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive, yaitu pihak-pihak yang terlibat dalam penerapan nilai-nilai akhlak di SMK Teknologi Informatika Garuda Nusantara Cimahi. Temuan dalam penelitian ini adalah Peran guru dalam mengembangkan nilai-nilai akhak mulia peserta didik melalui Pendididkan Kewarganegaraan adalah dengan melaksanakan program-program kegiatan keagamaan. Selain itu kepala sekolah mengintruksikan kepada seluruh guru untuk berperan aktif tidak hanya dalam memberikan materi pelajaran tetapi guru harus belajar aktif membagikan pengetahuan dan pengalaman yang baik khususnya yang bisa menumbuh kembangkan akhlak mulia siswa, ketika siswa sudah sadar akan pentingnya akhlak mulia maka akan diimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...