Action Research Literate (ARL)
Vol. 7 No. 2 (2023): Action Research Literate

The Influence of The Kauny Method in Memorizing and Teaching The Al-Qur’an : Case Study of Muslim Speak Up Foundation Volunteers

Qirom, Hafizzul (Unknown)
Purwanda, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Al-Qur'an adalah sebuah tradisi yang menuntut banyak usaha untuk menjunjung tinggi, membuat menghafalnya menjadi sebuah kegiatan yang sering kali dianggap sulit. Metode Kauny adalah sebuah teknik yang memungkinkan untuk mengajarkan dan menghafal Al-Qur'an dengan menerapkan ilustrasi dan gerakan tubuh. Tubuh akan berhubungan langsung dengan ayat yang akan dihafal, sehingga membuat proses belajar Al-Quran menjadi mudah dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang difokuskan pada relawan di Yayasan Muslim Speak Up. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan para pengajar "Pelatihan Guru dan Sertifikasi Al-Qur'an dengan Metode Kauny". Data tersebut merupakan perspektif emik, yaitu sudut pandang subjek yang diteliti kemudian dianalisis melalui perspektif etik, yaitu disajikan dalam bentuk deskriptif-analitis menurut perspektif peneliti melalui analisis kualitatif. Metode Kauny memberikan dampak positif terhadap hasil hafalan para relawan yayasan, karena dalam pembelajaran ini para relawan mampu menghafal dan berperan sebagai pengajar Metode Kauny. Pembelajaran yang sangat menyenangkan, menciptakan suasana yang santai dan disukai oleh para relawan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Metode ini dapat menjadi alternatif dalam mengatasi tantangan zaman bagi anak muda untuk menghafal dengan sistem yang menyenangkan. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti tentang pengaruh Metode Kauny terhadap hafalan Al Qur'an.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...