Instructional Development Journal
Vol 6, No 2 (2023): IDJ

Pengaruh Media Pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Tapung Hilir pada Materi Pembentukan Tanah

Fatimah Depi Harahap (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Syarifuddin Syarifuddin (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Essi Fatdayanti Sirait (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini berawal dari rumusan masalah Pengaruh Media Pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Tapung Hilir Pada Materi Pembentukan Tanah. Penelitian ini di latar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya variasi media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji t- test. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan media pembelajaran Index Card Match (ICM). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata- rata pretest yaitu sebesar 60,42 menjadi 83,89 pada nilai postest. Maka terdapat pengaruh Media Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMAN 2 Tapung Hilir adalah 38,8%.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//   This page is in Japanese Translate to English    AfrikaansAlbanianAmharicArabicArmenianAzerbaijaniBengaliBulgarianCatalanCroatianCzechDanishDutchEnglishEstonianFinnishFrenchGermanGreekGujaratiHaitian CreoleHebrewHindiHungarianIcelandicIndonesianItalianJapaneseKannadaKazakhKhmerKoreanKurdish (Kurmanji)LaoLatvianLithuanianMalagasyMalayMalayalamMalteseMaoriMarathiMyanmar (Burmese)NepaliNorwegianPashtoPersianPolishPortuguesePunjabiRomanianRussianSamoanSimplified ChineseSlovakSlovenianSpanishSwedishTamilTeluguThaiTraditional ChineseTurkishUkrainianUrduVietnameseWelsh Always translate Japanese to EnglishPRO Never translate Japanese Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...