Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 7 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Penerapan Model Pembelajaran TPS Dengan Aplikasi Handphone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X Akomodasi Perhotelan 2 SMK Negeri 24 Jakarta

Tjandra Sarie Astoeti (Universitas Indraprasta Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Menggunakan alat peraga handphon/aplikasi pada mata pelajaran Informatika dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas X Perhotelan 2 SMK Negeri 24 Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think,Pair,Share) pada mata pelajaran Informatika materi pokok Analisis Data dengan menggunakan alat peraga Handphone/Aplikasi, 2) Untuk  meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Perhotelan 2  SMK Negeri 24 Jakarta pada mata pelajaran Informatika materi pokok bab 5 (Analisis Data) setelah diterapkan model pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) menggunakan alat peraga Handphone/Aplikasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Perhotelan 2  yang berjumlah 36 siswa, terdiri atas: 8 laki-laki dan 27 perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas X Perhotelan 2 melalui penerapan model pembelajaran TPS (Think,Pair,Share). Hasil belajar siswa pada tes akhir siklus I memiliki nilai rata-rata sebesar 55,37 dengan siswa yang dinyatakan tuntas mencapai 7 siswa (17,07%). Sedangkan nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus II menjadi 82,93 dan sebanyak 34 siswa (82,93%) dinyatakan tuntas baik secara individual maupun klasikal. Perhatian dan antausiasme siswa meningkat, kegiatan diskusi kelompok pun sudah terlihat efektif karena siswa-siswi aktif dalam kerja kelompok serta siswa sudah bisa mengemukakan pendapatnya masing masing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...