Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 9 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas Xii Ips Sman 9 Gowa

Khairin Nisa (Universitas Negeri Makassar)
A Octamaya Tenri Awaru (Universitas Negeri Makassar)
Nurul Iqsan (Universitas Negeri Makassar)
Rifqi Munadhil Wal Hidayah (Universitas Negeri Makassar)
Andi Baso Mumang (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Model Pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran dimana peserta didik memahami sendiri konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada kesimpulan. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas XII IPS SMAN 9 Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang analisis data numeriknya (angka-angka) diolah dengan metode statistik menggunakan SPSS. Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMAN 9 Gowa dengan 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas XII IPS 1 yang terdiri dari 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan XII IPS 2 yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan kuesioner, pretest, posttest, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berada pada kategori baik(42,0%) , hasil belajar siswa berada pada kategori sangat baik (78,0%), dan tabel nilai sig sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, serta tabel nilai R Square sebesar 0,381 atau 38,1% yang menunjukkan bahwa variabel discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 38,1%, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMAN 9 Gowa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...