Salah satu bentuk daripada pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para mahasiswa adalah kuliah kerja nyata (KKN). Dalam usahanya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh mahasiswa KKN adalah kegiatan dalam bidang pendidikan. Pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar saat ini belum sepenuhnya memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam mengeksplorasi bakat mereka. Teori humanistik pada dasarnya konsep belajar yang memberikan penjelasan tentang bagaimana memanusiakan siswa dan mengaktualisasikan semua kemampuan potensi-potensi setiap peserta didik untuk meghadapi perubahan lingkungan disekitarnya. Hal ini menggambarkan bagaimana implementasi teori pembelajaran humanistik dapat meningkatkan semangat belajar dan potensi anak-anak di sekolah dasar melalui kegiatan rumah belajar di Kelurahan Panularan. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data, dan artikel ini menyoroti tentang peran guru, siswa, media pembelajaran, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran humanistik. Evaluasi pembelajaran juga ditekankan sebagai alat untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Kesimpulannya, pendidikan humanistik melalui rumah belajar memiliki potensi besar untuk mengembangkan potensi siswa dan meningkatkan hasil belajar mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023