Karimah Tauhid
Vol. 1 No. 1 (2022): Karimah Tauhid

Mutu Pembelajaran Selama Covid 19 di Sekolah Dasar

Meliani Putri (Universitas Djuanda)
Rasmitadila (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pembelajaran online guru selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sasarannya adalah seorang guru sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui konsultasi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online didasarkan pada kurikulum yang disederhanakan dengan pilihan kemampuan esensial yang dianggap sangat penting untuk diberikan kepada siswa. RPP dibuat lebih sederhana dengan bagian-bagian yang selalu ditampilkan: tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Pembelajaran sinkron bahkan lebih bergantung pada zoom. Variasi pembelajaran asinkron diimplementasikan di Google Classroom dan WhatsApp untuk membentuk pembelajaran mandiri yang berpusat pada siswa. Aplikasi WhatsApp dinilai lebih fleksibel, responsive, simple dan mudah dijalankan di smartphone siswa, sehingga memberikan feedback melalui aplikasi WhatsApp akan memperdalam pemahaman siswa. Selama wabah COVID-19, Sekolah Dasar Sekolah Dasar Negri Cipayung 01 mengadopsi model pendidikan online untuk memberikan pembelajaran jarak jauh dan konseling bagi mahasiswa di rumah dan secara aktif mengembangkan metode pendidikan untuk belajar di rumah. Diskusikan praktik pendidikan dan pembelajaran di rumah bagi siswa selama pandemi. Mereka menemukan bahwa tidak memahami esensi pembelajaran berbasis teknologi adalah penyebab ketidakmampuan belajar. Hal ini juga mempengaruhi sikap terhadap perubahan cara berpikir, berpikir dan cara pandang terkait realitas pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Terakhir, belajar di masa pandemi Covid-19 mencerminkan dua hal. Pertama, praktik pembelajaran harus relevan, futuristik, dan dapat disesuaikan dengan konteks zaman. Kedua, perubahan sosial budaya merupakan prasyarat terjadinya perubahan sistematis dalam proses pembelajaran agar pendidikan menjadi mapan, menjadi tradisi baru, efektif di masyarakat dan menjadi best practice. Pemahaman ini tidak hanya memungkinkan kita untuk memahami realitas pandemi secara lebih kontekstual, tetapi juga memungkinkan kita untuk mengembangkan upaya pemecahan masalah dengan cara yang lebih tepat sasaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...