Dengan terjadinya virus corona atau sering di kenal sebagai Covid-19 pada awal tahun 2020. Semuanya mengalami perubahan dari masalah ekonomi, social, dan juga Pendidikan. Banyak upaya yang di lakukan untuk memutus penyebaran covid-19 dengan cara berdiam dirumah yang sering kita sebut dengan lockdown, dengan terjadinya lockdown yang melibatkan seorang pekerja dan juga dunia Pendidikan. Maka dilakukan bekerja dirumah atau sering di sebut dengan , sekolah pun melakukan pembelajaran jarak jauh atau sering di sebut dengan daring/PJJ. Sedangkan lembaga pendidikan yang menuntut pembelajaran dilakukan secara daring di rumah tidak mengatur secara tepat sistem dan teknis pembelajaran. Sehingga pembelajaran daring ini sifatnya premature, para guru tidak memiliki kesiapan penuh. Pada akhirnya pembelajaran tidak di nilai efektif jika beberapa sekolah tidak menggunakan aplikasi belajar yang di gunakan ketika pembelajaran daring, hambatan lain misalnya, tugas yang di berikan kepada siswa bisa tidak tepat waktu pada batas pengumpulannya karena kurangnya ketidaktahuan antara siswa dan guru. Padahal pembelajaran secara daring harusnya mendorong siswa menjadi kreatif dan mengasah wawasan dan banyak mendapatkan sumber pengetahuan. Di sisi lain banyak kendala yang terjadi saat pembelajaran daring ini seperti yang di sebutkan oleh Agustin et.al dalam artikelnya yakni terdapat beberapa kendala yang di alami oleh guru dalam masa pandemi, salah satunya kendala paling tinggi yaitu indikator materi pembelajaran dimana guru memiliki kendala ketika menentukan kegiatan\materi yang tepat. Dengan fakta tersebut tidak bisa di biarkan begitu saja karena materi pembelajaran merupakan komponen terpenting dalam proses pembelajaran terdapat 6 aspek perkembangan anak usia dini yang harus di stimulasi sehingga materi pembelajaran harus dapat memfasilitasi aspek perkembangan anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022