Corona virus atau sering disebut dengan COVID-19, merupakan virus mematikan yang tengah melanda berbagai belahan dunia. Yang mengakibatkan siswa harus belajar “di rumah”. Pembelajaran daring ini merupakan tantangan baru bagi para pendidik di masa pandemi ini, bahwa mereka dituntut untuk bisa menerapkan pembelajaran berani ini melalui implementasi kurikulum 2013. Itu menyebabkan perubahan proses pembelajaran yang menimbulkan masalah baru khususnya bagi para pendidik diri. Masalah pendidikan Daring learning tidak hanya membuat cemas para pendidik, tetapi juga siswa dan orang tua. Dengan res kualitatif cari melalui wawancara dan pengamatan menunjukkan kondisi lapangan tentang masalah implementasi kurikulum 2013 menuju proses belajar di masa pandemi Covid - 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pendidik mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan belajar l maksimal, penurunan pemahaman dan motivasi di kalangan siswa, serta lemahnya pengawasan terhadap siswa ketika mereka belajar, dan masalah ekonomi orang tua. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan teori tertentu sementara beberapa kendala dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 khususnya di pandemi covid.
Copyrights © 2022