Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media flashcard terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Cicurug. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group PretestPosttest. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media flashcard sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Cicurug. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kegiatan proses belajar, tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas deskripsi data, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas instrumen pretest diperoleh 0,926 dan hasil uji reliabilitas instrumen posttest diperoleh 0,791. Dari analisis data diperoleh uji normalitas Shapiro-wilk dari data pretest 0,501 dan posttest 0,087. Maka kedua data tersebut diperoleh data normal. Dari teknis analisis data nilai mean pretest 60,00 dan nilai mean posttest 82,50. Hasil uji One Sample t-test diperoleh nilai thitung > ttabel atau 17,542 > 2,262 dan hasil sig (2-teiled) < ttabel atau 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pengaruh media flashcard terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Cicurug.
Copyrights © 2023