Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara yang dilakukan kepada beberapa tenaga pendidik dan studi pustaka. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagi instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat indkutif/kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna daripada generalisasi (SUGIYONO, 2021). Pada kurikulum merdeka saat ini peserta didik dan tenaga pendidik diannjurkan untuk aktif dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan Pendidikan. Oleh karena hal itu model pembelajaran problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menjadi sasaran para tenaga pendidik untuk memenuhi tujuan pembelajaran berkurikulum merdeka. Penggunaan cerita fantasi anak sebagai media pembelajaran menjadi salah satu pilihan tenaga pendidik atau guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar yang diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat belajar peserta didik. Cerita fantasi anak ini setidaknya bisa didapatkan tanpa harus menggunakan internet yang artinya bisa didapatkan berupa sebuah buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita fantasi anak dapat digunakan sebagai media pembelajaran termasuk pada model pembelajaran problem based learning baik pada kelas rendah maupun tinggi.
Copyrights © 2023