Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji bagaimana peran manajemen dilakukan di lembaga pendidikan Islam di era pandemi dengan menggunakan studi kasus pengelolaan MDA Nurul Ikhwan Deli Tua. Dampak pandemi COVID-19 sangat signifikan sistem pendidikan di seluruh dunia, termasuk lembaga pendidikan Islam. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana fungsi-fungsi manajemen diterapkan dalam konteks ini. Metode penelitian yang dipakai yaitu pendekatan kualitatif dengan melakukan studi kasus terhadap MDA Nurul Ikhwan Deli Tua. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan para pengelola lembaga, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkaitAnalisis deskriptif digunakan untuk memeriksa data yang diperoleh untuk mengidentifikasi implementasi fungsi-fungsi manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MDA Nurul Ikhwan Deli Tua telah berhasil mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen dalam menghadapi tantangan pandemi. Fungsi perencanaan dilakukan dengan mengembangkan rencana pembelajaran jarak jauh, penjadwalan kelas online, dan strategi adaptasi kurikulum Kesimpulannya, implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam MDA Nurul Ikhwan Deli Tua telah memainkan peran penting dalam menjaga kelangsungan pendidikan Islam di era pandemi. Diharapkan bahwa temuan penelitian ini akan meningkatkan pemahaman tentang strategi pengelolaan lembaga pendidikan Islam di tengah tantangan yang dihadapi, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan di masa depan. Penelitian lebih lanjut dapat melibatkan lebih banyak lembaga pendidikan Islam untuk memperluas pemahaman kita tentang praktik terbaik dalam menghadapi situasi serupa.
Copyrights © 2023