Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia

KOMODIFIKASI DI INDUSTRI MEDIA ONLINE DALAM NEGERI STUDI PADA KOMPASIANER OLEH KOMPASIANA.COM

Lumoindong, Cendanawangi (Unknown)
Prahmana, Hilman (Unknown)
Paramitha, Olivia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Kompasiana.com adalah salah satu media daring dalam negeri yang berdiri sejak tahun 2008 dengan platform web blog yang memberikan kesempatan pada kompasianers untuk membuat serta mempublikasi sebuah artikel. K-rewards adalah bentuk imbalan yang akan diterima oleh kompasianers atas apresiasi karya jika telah memenuhi syarat yang ditentukan. Hingga tahun 2022 tercatat bahwa kompasiana.com memiliki anggota sebanyak 8.2 juta anggota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana akan mendeskripsikan atau deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian yang telah didapatkan yaitu menunjukan bahwa pihak kompasiana.com melakukan praktik komodifikasi dalam penerapan bisnisnya, komodifikasi pekerja dilakukan kompasiana.com dengan memanfaatkan kompasianers, dengan pemanfaatan tersebut didapati peningkatan jumlah pembaca yang mecapai jumlah 20 juta pengunjung selama tahun 2022 yang lalu dan dengan pemanfaatan kompasianers maka kompasiana.com tidak perlu merekrut jurnalis resmi yang harus diberikan upah atas kinerjanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...