Berdasarkan hasil pra riset di SDN 5 Singkawang bahwa sebagian hasil belajar siswa pada pelajaran IPS masih tergolong rendah. Berdasarkan data dari guru bahwa hasil belajar IPS kurang lebih 70% masih berada dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskrIPSikan keaktifan belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN 5 Singkawang; 2) Untuk mendeskrIPSikan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V di SDN 5 Singkawang; 3) Untuk mengetahui hubungan antara keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V di SDN 5 Singkawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 5 Singkawang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas dengan menggunkan Kolomogrov-Smirnov dan uji linier. Data dianalisis secara univariat dengan taraf signifikan 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan: 1) dari hasil perolehan persentase keseluruhan skor angket keaktifan belajar siswa kelas V SDN 5 Singkawang yaitu 69,77% yang artinya keaktifan belajar siswa SDN 5 Singkawang terkategori “baik”; 2) hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 5 Singkawang terkategori “tinggi” berdasarkan skor dengan rata-rata keseluruhan skor siswa yaitu 71,28; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan belajar siswa kelas V SDN 5 Singkawang dengan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan nilai koefisien korelasi (r) 0,69 dan diperoleh nilai sebesar 7,133 > sebesar 2,003
Copyrights © 2023