Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kemampuan siswa dalam menggunakan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur yang ditulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur siswa kelas VII SMPN 3 Bayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah berupa kaidah kebahasaan dalam teks prosedur siswa kelas VII SMPN 3 Bayang. Sedangkan sumber data penelitian ini adalah hasil tulisan teks prosedur siswa yang ditulis oleh siswa kelas VII SMPN 3 Bayang yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Teknik pengabsahan pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jika dianalisis dari kaidah kebahasaan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bayang masih banyak ditemukan kesalahan. Penggunaan kalimat imperatif, konjungsi temporal, dan keterangan cara umumnya sudah tepat. Namun penggunaan penunjuk waktu dan deskripsi alat masih banyak yang belum tepat dan belum menggunakannya. Sedangkan penggunaan urutan langkah kegiatan dan kata teknis tidak digunakan pada teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bayang. Hal ini relevan dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh Indah Rahma Fitri dan Zulfikarti yang menemukan bahwa masih banyak siswa yang belum mampu menggunakan kaidah kebahasaan teks prosedur dengan tepat.
Copyrights © 2023