Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH MENONTON VIDEO EDUKASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 16 BUTON KANUPATEN BUTON

Nur Hayatun Loan (Universitas Bosowa)
Sundari Hamid (Universitas Bosowa)
Ifa Safira (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton video edukasi terhadap hasil belajar peserta didik di SDN 16 Buton Kabupaten Buton. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu video edukasi dan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas III SDN 16 Buton yang berjumlah 21 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik dan analisis inferensial pada uji-t. Hasil penelitian ditunjukkan dengan nilai mean pretest hasil belajar sebesar 51,42 dan mean posttest sebesar 87,61. Berdasarkan analisis inferensial pada uji-t yang menunjukkan nilai thitung ttabel atau 18,03 1,725. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menampilkan video edukasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDN 16 Buton.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...