Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton video edukasi terhadap hasil belajar peserta didik di SDN 16 Buton Kabupaten Buton. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu video edukasi dan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas III SDN 16 Buton yang berjumlah 21 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik dan analisis inferensial pada uji-t. Hasil penelitian ditunjukkan dengan nilai mean pretest hasil belajar sebesar 51,42 dan mean posttest sebesar 87,61. Berdasarkan analisis inferensial pada uji-t yang menunjukkan nilai thitung ttabel atau 18,03 1,725. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menampilkan video edukasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDN 16 Buton.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022